Senin, 02 Mei 2011

APA SIH… NARKOBA ITU??


NARKOBA... kalian mungkin sudah sering banget mendengar dan melihat kata ini. Orang tua dirumah, guru di sekolah, pembawa acara di tv, bahkan sampai di radio pun banyak menggunakan kata ini. Tapi walau pun ada di mana-mana, kata-kata ini yang sering mengikutinya hampir sama saja yaitu JAUHI NARKOBA. Sebenarnya narkoba sendiri itu apa sih? mengapa kita harus menjauhinya? apakah berbahaya bagi tubuh kita? 
Nah, supaya kalian tahu betul tentang bahaya narkoba, kenali dulu apa sebenarnya narkoba itu. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan terlarang. Disebut obat karena zat ini awalnya memang dibuat untuk mengobati pasien yang sakit. Misalnya, menurunkan rasa sakit atau rasa cemas pasien. Sebenarnya, kita juga sering minum obat kalau sakit. Misalnya, sakit flu atau demam. Akan tetapi, obat tersebut harus sesuai anjuran dokter. Sebab, jika dimasukkan ke tubuh manusia, obat akan memberikan reaksi bermacam-macam dan mempengaruhi fungsi tubuh. Mengapa? Sebab, di dalam obat ada beberapa macam zat kimia. Jika dimakan berlebihan zat ini bisa membayakan tubuh kita.
Pengaruh yang paling berbahaya adalah jika obat-obatan itu dimakan setiap hari dan dosisnya berlebihan. Oleh karena itu, obat-obatan ini dilarang beredar bebas di masyarakat. Tapi sayangnya, banyak sekali yang memakai obat-obatan ini tanpa resep dokter.Dan,tak jarang pula mereka menderita penyakit akibat efek zat kimia di dalam tubuh. Misalnya, sulit tidur, kerusakan otak, kanker paru-paru, gangguan jiwa, hingga serangan jantung. Akibat terburuknya, narkoba adalah bisa merenggut nyawa kita yang sangat berharga.

JUMLAH PEMAKAI NARKOBA
            Saat ini, jumlah pemakai narkoba didunia sudah semakin banyak. Menurut badan PBB UNODC(United Nations Office on Durg Use and Crime), jumlah penyalahguna narkoba di dunia kurang lebih 200juta atau sekitar 5% dari seluruh penduduk dunia.banyak sekali, bukan?
            Di Indonesia sendiri, narkoba sudah ada sejak lama. Bahkan, Jakarta tergolong salah satu kota terbesar di Asia Tenggara yang menjadi kota transit narkoba. Obat-obatan berbahaya ini berasal dari Cina, Afganistan, Pakistan, Thailand, dan sebagian Negara-negara Afrika.
            Menurut hasil penelitian BNN (Badan Narkotika Nasional) dan Puslitkes UI pada tahun 2004, jumlah penyalahguna narkoba di Indonesia sekitar 3,2 juta orang. Setiap tahunnya, diperkirakan ada 15.000 orang meninggal akibat obat-obatan terlarang ini. Jumlah pemakai narkoba tertinggi di Indonesia ada di wilayah Jakarta kemudian disusul oleh Medan, Bandung, Surabaya, Maluku Utara, Padang, Kendari, Banjarmasin, Palu, Yogyakarta, dan Pontianak.
            Siapapun bisa jadi korban penyalahgunaan narkoba. Miskin atau kaya, pintar atau tidak, tua atau muda. Namun, penduduk Indonesia yang sangat berisiko terlibat narkoba adalah murid SMP,SMU, serta Mahasiswa.

MACAM-MACAM NARKOBA
DI KALANGAN REMAJA, narkoba juga dikenal dengan istilah bahasa inggris: durg(obat). Jenis drug yang dikenal antara lain obat penenang, heroin (putau), amfetamin (shabu), kokain, ganja, ekstasi, inhalen (ngelem), dan sejenisnya. Tembakau pada rokok sebenarnya juga termasuk jenis drug karena efeknya yang berbahaya bagi tubuh. Agar menjadi anak gaul yang cerdas, kalian harus mengenali dulu jenis-jenis narkoba berikut ini :
·           KOKAIN
Kokain adalah zat yang berbahaya dan sering disalah gunakan. Kokain merupakan alkaloid yang didapatnya dari tanaman belukar Erythroxylon coca. Di daerah asalnya, yaitu Amerika Selatan, daun tanaman belukar ini biasanya dikunyah-kunyah oleh penduduk setempat agar mendapatkan efek stimulan. Efek stimulan adalah efek pemacu semangat.
Di dunia kedokteran, kokain digunakan sebagai pembius local, khususnya untuk pembedahan mata, hidung dan tenggorokan karena sering disalahgunakan, kokain menjadi obat yang sering dilarang peredarannya. Jika dipakai terus-menerus, seseorang akan menjadi pecandu. Namun, kecanduan ini harus diberhentikan karena dapat merugikan organ-organ tubuh.
·           MORFIN
Morfin adalah hasil olahan opium/candu mentah. Morfin merupakan alkaloida utama dari opium (C17H19NO3). Rasa obat terlarang ini pahit dan berbentuk tepung halus. Warnanya putih atau dalam bentuk cairan berwarna. Morfin dipakai dengan cara disuntikkan dan dihisap.
·           HEROIN (PUTAW)
Heroin adalah obat bius yang sangat mudah membuat seseorang kecanduan. Kekuatannya pun mencapai dua kali lipat dari morfin. Padahal, morfin sudah dapat menyebabkan orang mengantuk dan perubahan mood yang tidak menentu.
Sebenarnya, didunia kedokteran, heroin sangat berguna bagi pasien dengan penyakit kanker akut. Sebab,dengan heroin, rasa sakit dan nyeri akan berkurang dan badan pasien yang kesakitan akan dapat merasa nyaman. Namun, banyak orang menyalahgunakannya dan memakai obat ini untuk lari dari masalah sehari-hari. Itulah sebabnya, hokum pembuatan, penjualan, dan pemilik heroin menjadi illegal. Heroin ini dijual dalam bentuk bubuk, pil dan cairan.
·           KANABIS (GANJA)
Kanabis(ganja) adalah nama singkatan untuk tanaman Cannabis sativa. Daun kanabis biasanya dipotong-potong dan dikeringkan lalu dipotong kecil-kecil dan digulung menjadi rokok disebut joints. Ganja juga dapat berupa minyak hashish (getah pohon ganja) yang dijual dalam bentuk minyak atau kubus padat kecil. Obat ini mengandung depresan yang memabukkan. Dalam dunia kedokteran, depresan digunakan sebagai obat penenang sehingga membantu pasien mengurangi stress dan rasa cemas. Dengan demikian, pasien yang gelisah bisa tidur dengan tenang.
Akan tetapi, banyak sekali orang menyalahgunakan obat ini dan memakainya tanpa resep dokter. Ganja merupakan jenis narkoba yang paling banyak disalahgunakan yaitu sebesar 74,9%.
·           EKSTASI
Senyawa ini ditemukan dan mulai dibuat di akhir abad ke-20. Ekstasi mulai bereaksi 20-60 menit setelah diminum dan efeknya berpengaruh selama 1jam. Pemakai ekstasi akan merasa hangat, energik, dan bahagia. Seluruh tubuh terasa melayang, pupil mata membesar dan jantung berdegup lebih kencang.
Akan tetapi, ada pula yang merasa mual dan sulit bernapas. Jenis reaksi ini biasanya tidak terlalu lama. Setelah itu, akan timbul perasaan seolah-olah si pemakai lah yang terhebat dalam segala hal dan perasaan malu menjadi hilang. Kepala terasa kosong, rileks dan “asyik”. Dalam keadaan seperti ini, pemakai merasa membutuhkan teman ngobrol, teman bercermin, dan teman curhat. Semua perasaan itu akan berangsur-angsur menghilang dalam waktu 4 sampai 6 jam. Setelah itu pemakai akan merasa lelah dan tertekan. Ini adalah akibat buruk yang ekstasi yang seakan telah meracuni tubuh. Badan pemakai ekstasi akan terasa lelah dan mulut terasa capai/ kaku. Ekstasi juga dikenal dengan nama MDMA.           
·           SHABU-SHABU
Shabu-shabu adalah julukan lain dari Methamphetamine.Shabu-shabu berbentuk Kristal,berwarna putih atau transparan,dan tidak berbau.Itulah sebabnya,shabu-shabu juga dikenal dengan nama Ice.Biasanya,obat ini dikomsumsi dengan cara dibakar di atas kertas aluminium foil sehingga asap mengalir dari ujung satu ke ujung yang lain.Kemudian,asap yang keluar dihirup dengan Bong,yaitu sejenis pipa yang didalalamnya berisi air.Air Bong tersebut berfungsi sebagai penyaring asap.Ada pula sebagian pemakai yang membakar Shabu dengan pipa kaca.
Shabu dapat menyebabkan paranoid (yaitu rasa takut yang berlebihan),sangat sensitif (yaitu  mudah tersinggung),dan halusinasi.Setiap pemakai akan mengalami efek yang berbeda-beda.Namun,jika terus dipakai,shabu-shabu akan mengakibatkan ketergantungan.Si pemakai akan terus memakai dalam jumlah bayak dalam satu kali pemakaian dan sukar berhenti.Sebagian besar pemakai shabu mengatakan nafsu makannya berkurang jika sedang mengomsumsi Shabu.Berat badan pemakai pun jadi menurun drastic.Shabu-shabu juga di kenal dengan nama Glass,Quartz,Hirropon,dan Ice Cream.

·           INHALEN (NGELEM)
Istilah popular yang biasa dipakai remaja untuk inhalen adalah ngelem. Berbeda dengan narkoba lainnya, zat-zat depresan inhalen terdapat pada produk sehari-hari dan bukan termasuk bahan terlarang.Misalnya lem (sangat terasa efeknya pada salah satu merek lem terkenal yang berwarna cokelat-kekuningan),bahan bakar,cairan pelarut,penghapus car,tip-ex,semprotan,Freon,bensin,vernis,cairan pemantik api,semen karet,semir sepatu,perekat kayu,bahan pembakaran aerosol,thinner,pembersih warna kuku,cat tembok,dan castol premix.
Sebenarnya,produk-produk rumah tangga tangga tersebut justru bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.Namun,jika disalahgunakan,zat kimia yang dikandungnya dapat menyebabkan kerusakan serius hingga kematian.Biasanya,ngelem digunakan dengan cara menghirup uap atau gas dari produk-produk tersebut.
·           ZAT DESAINER
Zat deseiner adalah zat-zat yang di buat oleh ahli obat jalanan.Meraka membuat obat-obat itu secara rahasia karena dilarang oleh pemerintah.Peredar obat tersebut dilarang sebab dibuat tanpa memperhatikan kesehatan.Para pembuatanya hanya memikirkan uang dan secara sengaja membiarkan para pembelinya kecanduan dan menderita.Zat-zat yang sudah banyak beredar adalah speed ball,Peace pills,crystal,angel dust,rocket fuel,dan lain-lain.
·           NIKOTIN
Seperti kokain dan heroin, nikotin merupakan obat yang bersifat adiktif. Artinya, menimbulkan efek ketergantungan dan kecanduan. Bentuk nikotin yang paling banyak dijumpai adalah tembakau yang dihisap dalam bentuk rokok, cerutu, dan pipa. Tembakau juga dapat digunakan dengan cara dikunyah(tembakau tanpa asap).
Sebenarnya, rokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan, terutama bagi paru-paru. Akan tetapi, sampai saat ini, masih banyak orang yang terus merokok. Hal ini membuktikan sifat adiktif (candu) dari nikotin sangatlah kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar