Minggu, 15 Mei 2011

TIPS MENGARANG LAGU

Ada yang bilang bikin lagu itu susah, tapi ada juga yang bilang bikin lagu itu mudah seperti semudah air mengalir. Lagu-lagu yang kita dengar, dari jenis band manapun, dari jenis music apapun adalah bukan lagu yang sekedar asal jadi. Meskipun kadang ada banyak lagu yang sifatnya tidak komersial, atau idealis. Itupun tidak dibuat secara asal atau sembarangan. Karena biar bagaimanapun juga, lagu adalah sebuah seni yang jujur, yang tidak bisa dinilai dengan sebelah mata saja. Tertarik pengen bikin lagu yang baik? Simak tips dibawah ini :

1.Buat pemanasan, genjrang-genjreng gitar asal aja tapi yang beralur.biarkan suara kita bebas keluar sesuai dengan suasana hati, tapi jangan dibiasakan bikin lagu nunggu “mood”. Wah kalau gitu mah bisa jadi beban kalo masuk dapur rekaman, apa lagi kalo lagi dikejar deadline album. Jangan sampai ritme kunci menjajah suara yang keluar….OK!
2.Komat-kamit sendiri or bekennya bersenandung gitu deh. Asal aja ngikutin suara yang keluar. Atau tulis lirik di selembar kertas, tuangkan apa yang lagi dipikirin atau dikhayalin, kata-katanya bebasin aja dulu.
3.Selalu mendengar dan mencoba mengulas lagu-lagu orang lain yang ‘booming’ atau banyak disukai dari artis-artis 1 atau 2 lagu dulu, dari lagu-lagu ini coba berusaha mencari nilai lebih dari lagu ini, mungkin dari segi lirik, irama, atau kekuatannya dimana. Ingat….selalu dan selalu belajar dari orang lain dan jangan pernah malu.
4.Cobalah memperdengarkan lagu-lagu kita sama orang awam atau yang bukan pengamat atau pemain music. Karena mereka lebih bisa jujur merasakan dan menilai lagu kita menjual atau tidaknya.
5.Ada yang bilang lagu yang cocok untuk kebanyakan orang Indonesia adalah lagu-lagu yang bila dibawain dengan gitaran atau kongkow itu enak(parameternya bisa temen-temen, saudara, pacar, orang lain)
6.Mayoritas orang Indonesia suka sama jenis music pop atau mungkin dangdut atau rock.. coba cermati dan temukan jawabannya. Orang Indonesia berbeda dengan orang luar negeri (Amerika, Inggris, dll) yang jauh lebih mampu menerima perbedaan dalam corak lagu. So silahkan kamu mencermati lagi, kira-kira apa yang dapat dilakukan. Maksud disini tidak berusaha untuk mengarahkan teman-teman untuk ke satu aliran tertentu. Hanya mencoba membantu merenung, berpikir kenapa??... Menemukan jawabannya… lalu lakukan….
7.Kalo lagunya sudah jadi, simak lagi, apa ada yang kurang pas?? Apakah arransemen yang jadi poin utama?? Apakah liriknya mudah diingat?? Semua itu renungkan kembali dan biarkan keajaiban otak kamu bekerja. Kenapa lagu peterpan “Ada Apa Denganmu” bisa booming?? Kenapa lagu-lagu d’massive, afgan bisa mendapat tempat di suasana anak-anak remaja dan orang tua?? Terus kenapa band padi dan band ungu, lagu-lagunya begitu mudah jadi santapan sehari-hari?? Lalu gimana dengan kemasan british ala nidji?? Semua itulah bahan kita agar karya yang sedang kita buat bisa beda dari band-band atau dari penyanyi-penyanyi yang sudah ada.

YANG PATUT DI INGAT :
•Lagu adalah bahasa jiwa, jadi disukai atau tidak disukai nantinya adalah masalah selera bagi pendengarnya.
•Lagu adalah sebuah cerita kehidupan, baik nyata maupun samar. Di dalamnya ada ajakan untuk tertawa, menangis, merenung, atau malah mencela.
•Tidak ada aturan baku dalam menciptakan suatu karya, tapi ada aturan yang kuat dalam belajar ilmu musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar