Rabu, 21 Desember 2011

Memanaskan Air dengan Microwave

Dear all, ada seseorang yang berumur 26 tahun memutuskan untuk membuat minum kopi. Ia mengambil secangkir air dan dipanaskan ke dalam microwave untuk dipanaskan (sebagaimana sering dia lakukan sebelumnya).

Saya tidak tahu berapa lama di menge-set timer pada microwave tersebut, tetapi dia mengatakan kalau dia ingin air tersebut mendidih. Ketika timernya sudah otomatis mati, dia mengambil cangkir tersebut dari dalam microwave. Dia lihat ke dalam cangkir, dan nampak bahwa air dalam cangkir tidak mendidih, tetapi tiba-tiba air di dalam cangkir “muncrat” ke wajahnya.

Cangkir tersebut masih tetap dipegang sampai dia melemparkan dari tangannya, tetapi semua air panas tersebut telah muncarat ke wajahnya karena adanya energi. Semua wajahnya melepuh dan dia mengalami luka bakar (1-kulit ari) dan(2- kulit jangat / melepuh ber-air), yang mungkin akan meninggalkan bekas luka. Dia juga hampir kehilangan sebagian penglihatan pada mata kirinya.

Sewaktu di rumah sakit, dokter yang merawat dia mengatakan bahwa hal ini sering terjadi, dan seharusnya tidak memanaskan air (hanya air) dalam microwave. Jika air dipanaskan dengan cara ini (dalam microwave), sesuatu harus dimasukkan ke dalam cangkir untuk bisa men-difusi-kan energi seperti stik kayu, tea bag (teh celup), dan lainnya. Tetapi akan lebih aman kalau mendidihkan air pada ketel air. Mohon teruskan informasi ini kepada semua rekan dan keluarga.

Ingat!! Air yang dipanaskan pakai microwave tidak kelihatan mendidih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar